Posted on

Banyak e-Wallet, Banyak Masalah

Artikel ini merupakan bagian dari program #MelekUang: E-Wallet, entah apa yang merasuki-Mu ?!
Program ini merupakan kerjasama antara beberapa perusahaan berbasis blockchain untuk meningkatkan kesadaran atas perlindungan data pengguna dan transaksi finansial khususnya uang dan dompet digital (e-wallet).
Tulisan-tulisan dalam program #MelekUang, terinsipirasi dari kejadian-kejadian nyata. Walaupun demikian, beberapa tokoh, karakter, kejadian, lokasi dan dialog adalah fiksi dan disusun dengan dramatis agar lebih menarik. Jika ada kesamaan nama tokoh, tempat kejadian ataupun cerita, itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan.

 

Hani sedang asyik-asyiknya berbelanja di mall kenamaan di Jakarta, ia senang karena banyak potongan harga yang bisa ia dapatkan dengan berbagai macam e-wallet. Ya Hani bukan hanya memiliki satu platform e-wallet tapi ia mempunyai lebih dari sepuluh platform e-wallet, menurutnya itu penting karena banyak promo-promo cashback atau potongan harga yang cukup besar bisa didapatkan dengan menggunakan beberapa platform e-wallet. Tidak hanya satu account yang Hani punya pada platform e-wallet satu platform e-wallet Hani bisa mempunyai dua sampai tiga account untuk mengambil beberapa promo atau potongan harga yang sedang ada. Ketika Hani ingin membayar barang yang ia beli kasir mengatakan bahwa promo yang ada di e-wallet Hani sudah tidak berlaku, Hani pun mengeluarkan e-wallet dari platform yang sama namun berbeda account, namun lagi-lagi Hani tidak dapat menggunakan kode promonya. Kasir mengatakan bahwa e-wallet milik Hani meminta perbaruan data, lalu akhirnya Hani mengupdate platform miliknya, hal ini membuat jenuh beberapa pengunjung mall. Pasalnya Hani melakukan perbaruan data di kasir dimana yang lain ingin membayar namun tertunda karena Hani. Setelah beberapa waktu Hani memperbaharui data tersebut dia mencoba kembali namun lagi-lagi gagal. Lantas ini membuat Hani jengkel dan akhirnya membatalkan belanjaannya.

Hani pun mencari tahu apa yang sedang terjadi dengan e-wallet miliknya, setelah usut punya usut, ternyata platform yang Hani pakai saat ini sedang mengalami down server. Ini yang membuat hani tidak dapat menggunakan e-wallet miliknya. Hani pun kecewa padahal hari ini banyak potongan harga yang bisa didapatkan jika menggunakan e-wallet dari platform tersebut namun sayangnya server platform e-walletnya justru mengalami down. Hal seperti ini pasti tak akan terjadi jika Hani lebih melek uang dan bisa menemukan solusinya di Temindo. Hani pasti tak akan pusing lagi karena masalah seperti ini.

e-Wallet, entah apakah yang merasuki-Mu ?!

Program ini merupakan kerjasama dari beberapa perusahaan berbasis blockchain di Indonesia untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap keamanan data dan transaksi finansial secara digital khususnya e-wallet.

Beberapa perusahaan yang terlibat adalah:

Temindo (Teknologi Mandiri Indonesia, PT)

TEMINDO adalah perusahaan yang memberikan solusi otomasi bisnis untuk integrasi dan kolaborasi perusahaan-perusahaan dengan teknologi blockchain.
Website: https://wp.n-tco.com/ntc

PureHeart

PureHeart adalah inisiatif yang berbasis kegiatan sosial yang berkomitmen kepada tujuan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development goals) dengan teknologi blockchain secara menyeluruh (end-to-end) sehingga taraf hidup masyarakat Indoensia semakin meningkat.
Website: https://pureheart.ledgernow.com

SSC (Sustainable Supply Chain)

SSC (Sustainable Supply Chain) adalah solusi blockchain untuk kolaborasi cepat dan aman bagi perusahaan-perusahaan dalam rantai pasok (supply chain) yang bertujuan untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan pelayanan konsumen dan mempercepat pengiriman barang dan jasa ke konsumen.
Website: https://www.ssc.co.id

YONK

YONK adalah sebuah aplikasi pengelolaan keuangan untuk pemilik UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sehingga mereka mendapakan laporan keuangan yang real time dengan fitur predicition analysis untuk membantu meningkatkan kredibilitas UMKM kepada perusahaan pembiayaan (Financing Companies) menggunakan teknologi blockchain.
Website: https://www.yonk.io

PIE

PIE (Personal Identification Exchange) adalah solusi KYC (Know Your Customer) berbasis blockchain untuk mencegah terjadinya pencucian uang (Anti Money Laundry / AML) dan pembiayaan terorisme (Terrorism Financing)
Website: https://www.pie.co.id

AELL

AELL adalah solusi untuk membantu pengelolaan data rekam medis secara digital dan terintegrasi antar rumah sakit dan klinik sehingga mempercepat proses pelayanan pasien, mempermudah rujukan dan melindungi data pasien dengan teknologi blockchain.
Website: https://www.aell.co

BIJAK

BIJAK adalah perusahaan berbasis teknologi untuk membantu perusahan-perusahaan dalam mengimplementasi teknologi blockchain yang optimal dan dapat mempercepat proses bisnis yang terintegrasi yang aman dan terpercaya.
Website: https://www.b-jak.com

VIE

VIE adalah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi berdasarkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 (atau terbaru) dengan teknologi blockchain.
Website: https://www.vie.co.id